Explore Pulau Harapan 03-04 OKT 2015

Sabtu, Oktober 10, 2015

Yiiihaaa, akhirnya gw main air juga. Seruuuuuu… !

Yups, bener banget. Setelah 2 tahun gak main air, dan memilih untuk fokus pada pendakian gunung. Kali ini gw mencoba aktivitas bawah laut yang menjadi destanasi trip gw selanjutnya.

Tujuan kali ini yang deket deket dulu aja ya (mungkin sebagai permulaan).  Yaitu Pulau Harapan yang menjadi salah satu bagian dari (mencari harapan nyata, eh bukan ya, hahaha) Kepulauan Seribu. Pastinya udah pada tau ya, kalo Kepulauan Seribu itu masih masuk wilayah DKI Jakarta, tepatnya Jakarta Utara.

Untuk trip gw kali ini, ditemenin sama 2 #cewemacho Febri dan Poe yang masih available banget kalo diajak kemana-mana. Berhubung kita juga udah jarang ketemu, ngatur waktu juga susah, trip kali ini jadi bagian dari quality time buat ngobatin rasa rindu kita. Xixixi

Sabtu, 03 Oktober 2015

Janjian untuk kumpul jam 5 Pagi, tapi realitanya kita baru kumpul jam 6 pagi. Dan berhubung sekarang jamannya kekinian, semuanya serba praktis dengan mobile data dan digital. Jadi kita menggunakan Go-Jek sebagai transportasi menuju Dermaga Kali Adem Muara Angke (Tadinya sih mau pake Grab Car, Cuma karena ngejar waktu, gak jadi). Cukup dengan memesan melalui aplikasi SmartPhone, tidak sampai 5 menit Driver sampai ke tempat dimana kita di Pick-Up. Dan  ini pertama kalinya gw Konvoi menggunakan Go-Jek. Begitu pula dengan Drivernya yang mengatakan hal yang sama. Jadi sebelum perjalanan, para Driver berdiskusi dulu mekanisme Konvoi kita agar tidak ada yang terpisah saat perjalanan. Kece yaaa..

Untuk sampai di Dermaga Kali Adem tariff yang dikenakan Go-Jek Cuma Rp. 15.000 saja gaes. Eh tapi jangan pelit untuk kasih tips ya ke Drivernya. Dan sesampainya di Dermaga Kali Adem, kita langsung mengurus administrasi Penyebrangan, dan bergegas untuk masuk ke kapal yang sudah mau jalan. Karena kesiangan, jadi agak susah nyari tempat yang pe’we, alhasil selama 3 jam perjalanan rasa pusing, Mual dan hampir pengen Jackpot pun udah gak kehindar lagi. (yang ada dipikiran Cuma, buruan dong sampeeee, udah ga kuat didalem kapal).

Tepat jam 10 pagi, Akhirnya bersandar juga di Dermaga, setelah 3 jam di pepes di dalam kapal. Fiuuuh.. Pas sampe, kita langsung urus penginapan dan koordinasi dengan salah satu korlap di pulau harapan yang bakal nemenin kita explore pulau disekitar pulau harapan.

Oke, sambil menunggu jam 12 siang untuk jadwal snorkeling, kita istirahat dulu di homestay, sambil makan siang dan ganti baju. Udah lumayan Fresh lagi, kita berangkaaatttt… !

Tujuan snorkeling pertama kita adalah Pulau Kayu Angin Genteng, untuk menjuju kesana dibutuhkan waktu 30 menit dari Pulau Harapan. Sampai di spot snorkeling kita langsung burrrr nyeburrrr. Seger banget gaess, dan banyak banget ikan ikannya, Cuma karena kita lupa bawa remahan roti, jadi saat snorkeling ikannya pada kabur ke bawah karang. Sedih deh jadi gak bisa foto sama ikan ikannya.

Gak berasa 1,5 jam kita snorkeling disini, kita pindah ke spot snorkeling ke dua yaitu Pulau Macan Gundul. Sekitar 20 menit dari Pulau Kayu angin genteng untuk menuju kesini. Dan sesampainya di spot snorkeling ke dua, gw juga langsung nyebur dari kapal, tanpa nungguin antri turun dari tangga kapal. Xixi..

Kalo disini gw gak banyak ngeliat ikan, entah lah, apa Karena gw sibuk asik foto foto atau emang beneran ga ada ikannya, tapi pada saat snorkeling ikannya sepi banget.  Mungkin karena faktor ombak juga kali ya yang saat itu kurang bagus. Yups ombaknya lagi tinggi banget cuy.

Gak lama kita snorkeling di pulau Macan Gundul, kita langsung ke Pulau Perak. Buat sekedar istirahat, dan main main sama pasir pantai. Di pulau ini ada beberapa gubuk yang dijadikan warung untuk menjual aneka ragam makanan yang pas banget buat para traveler yang kelaperan abis main air.
Semua warung udah pasti rame dikerubutin para traveler, wong lapeeerr broooh.

Ada 1 warung dideket pantai yang menjual bakwan goreng yang gak karuan antrinya. Dan itu enaaaak banget. Karena ada sambel kacangnya yang menurut gw sih pas rasanya. saat Ibu penjualnya lagi ngegoreng bakwannya, kita yang mau beli udah pada antri, jadi pas mateng, kita langsung di kasih jatahnya sesuai pesanan kita. Tentunya masih anget dan nyesss banget di perut. Bikin nagih coiii. Gw aja ampe 2 kali antri. Soal harga masih lumayan terjangkau ya, cukup Rp. 2.000 untuk 1 Bakwan goreng. (sayang, hp gw ketinggalan di kapal, jadi gak sempet fotoin penampakan bakwannya)

Bakwan Goreng + Teh Manis Anget = Jempol

Hari udah sore, ombak makin tinggi, udah kenyang, udah cukup istirahat dan main main sama pasir pantai, cus kita pulang ke homestay. Mandi, makan malam, barbequean dan tidur.

Minggu, 04 Oktober 2015

Sebelum kita pulang, ada 1 spot pantai yang akan kita kunjungi, yaitu pulau bulat. Jaraknya sekitar 30 menit dari pulau harapan, sesampainya disana juga kita Cuma foto foto aja ngabisin waktu. Udah bosen foto-foto, kita kembali ke pulau harapan. istirahat dan packing untuk kembali pulang.

Kapal berangkat jam 12 Siang, tapi dari jam 10 para Traveler udah pada memasuki kapal satu persatu buat nyari tempat yang Pe’we. Jadi Jam 11an kita juga udah harus masuk kapal buat nyari tempat yang pewe buat tiduran. (kirain tempat yang di pilih itu udah paling pe’we, ternyata pas mesin kapalnya dinyalain dan berangkat, baru sadar kalo tempat yang kita pilih benar benar berada dibawah mesin kapal. Panassssss banget cuy, berasa lebih lebih dari pepes di panggang 3,5 jam T_T. mau pindah juga udah gak ada lapak kosong, yaudahlah terima nasib. huhuhu). Maklum aja sih, kalo mau budget backpackeran emang harus begini. Tapi kalo mau yang lebih nyaman, kamu bisa menyebrang ke Pulau Seribu dari Dermaga Marina, Ancol ya gaes. J

Karena lelahnya fisik yang udah gak karuan gara gara di panggang 3,5 jam, kita memutuskan untuk Order Grab Car untuk akomodasi pulang (lagi lagi memanfaatkan mobile data dan digital). Dengan tujuan lebih relax dan lebih nyaman karena bisa senderan didalam mobil. Gak nyampe 10 menit Grab Car datang ke lokasi pick up kita, dan mengantarkan kita sampai ke tujuan pulang (Cempaka Putih, rumah gw) dengan tariff Rp. 67.000 saja, eh belum include Tips looh ya :p.

Sayonaraaaaaaa, sebelum kita semua ke rumah masing masing, makan bakso dulu deket rumah gw, sebegai penutup liburan kita kali ini.

Terima kasih Poe dan Febri untuk liburan pertama kita, semoga ada kesempatan untuk Next Trip. :)