CAMES (Camping Gemes) Gn. Galunggung 15 - 16 Okt 2016

Sabtu, November 19, 2016


"Suka naik gunung ?, suka camping ?, suka yang berhubungan dengan alam ?, suka koleksi foto travelling ?, suka nambah temen ?, butuh piknik tanpa cuti ?,  atau punya target destinasi travelling ?"

HEHEHE, Semuanya benar. meskipun gw lemah (gampang ngos-ngosan, cepet cape, gak percaya diri sanggup), cengeng, dan terkadang suka manja, tapi gw suka banget sama sesuatu hal yang berhubungan dengan alam. mungkin ini alasan gw selalu mencoba nyempetin weekend buat piknik, xixi. alasannya sih supaya gw lupa kalo sampai saat ini masih jomblo. haha, bukan bukan ! revisi ya, alasannya sih mumpung masih muda dan masih lajang, gw pengen bahagiain diri gw sendiri dengan apa yang gw sukai yaitu PIKNIK.

Nah, berhubung gw udah ada perjanjian kontrak sama Ibu gw dimana gak boleh naik gunung yang berhari-hari gak pulang, tapi hati pengen banget bobo di tenda, jadilah gw mikir kemana gw harus piknik yang tetep kece viewnya, tapi gak sulit buat orang yang gampang ngos-ngosan buat gw.

Masih ingat dengan Bang Iwan ?, itu loh yang waktu jadi salah satu partner trip saat pendakian Gn. Lawu April tahun lalu (bisa klik linknya kalo mau tau cerita ngenesnya, haha skip). di Instagram Bang Iwan @iwan_setia_one sering banget posting tentang Camcer dan Hammockan gitu. salah satunya di kawasan Gunung Galunggung, Tasikmalaya. kebetulan bang Iwan juga warga asli Tasik (ceileeh, warga banget bahasanya haha), karena gw tau gunung galunggung punya spot yang selalu kece setiap saat dan gak sulit buat orang yang gampang ngos-ngosan kaya gw, Nah ini dia nih. destinasi yang bakalan jadi target selanjutnya. 

Cara supaya bisa ke Gunung Galunggung. yang pastinya gw udah tau nih siapa yang bisa dijadiin tuan rumah saat berkunjung ke Tasik, siapa lagi kalo bukan bang Iwan. xixixi, sepik aja dulu nanya kabar lewat bbm, iseng comment di postingan Ig, lama-lama baru deh insist nanya kapan di temenin ke Galunggung. harus agak bawel sih nanya kapannya supaya beneran terlaksana. sampe akhirnya Bang Iwan Oke'in, gw langsung ajak temen yang paling bisa di racunin buat ikutan Piknik ala ala kali ini. gak perlu susah payah buat cari temen yang mau ikutan, karena gw tau harus ngajak siapa. yups @anggrianidewi. saat doi oke, langsung diskusi tanggal, dan dapatlah tanggal 15-16 Okt. dan memilih menggunakan akses kereta PP Jakarta-Tasik. 

yuhuuuuu, jadi kita bobo di tenda, aah senangnyaaaa !!

Pesen tiket kereta yang berangkat Jum'at Malam (sepulang rutinitas kerja) dan memilih pulang Minggu Pagi. Yang ada di pikirin kita adalah waktu tersebut cukup untuk camping di Galunggung dan Explore beberapa tempat lainnya di sekitaran Tasik. Danternyata karena kurangnya komunikasi dengan bang Iwan (agak takut diledekin, haha maklum trip sebelumnya di ledekin muluk), H-1 gw baru dapet surprise kalo ternyata yang ikutan camping banyak, yaitu dari temen-temen Hammockers Tasikmalaya. wahhhh bakalan seruuuu bangett nih. bakalan rameee, dan bakalan menyenangkan. hehehe

Meski malam itu ngantuk karena cape kerja, kita berangkat dengan penuh rasa antusias. ngebayangin weekendnya bakalan padat menyenangkan xixixi. sesampainya subuh di kota Tasik, kita langsung cari taksi disekitaran stasiun untuk bisa mengantarkan ke rumah bang Iwan. kita gak cuma berdua, karena ternyata ada salah satu dari Jakarta yang juga ikutan camping kali ini. tapi sayangnya kita beda gerbong, jadi baru kenalan pas sampai di stasiun Tasik, namanya Rian. dia adalah salah satu member Hammocker DKI.

Sabtu, 15 Oktober 2016
Sholat Subuh, dan istirahat sejenak. berharap paginya kita bisa explore kemana aja di kota Tasik. tapi ternyata semua diluar bayangan planning Gw dan Dewi. dimana Bang Iwan info kalo temen-temen yang ikut masih pada kerja hari sabtu, dan ke Galunggung itu adalah di malam harinya. yah... pagi, siang, sorenya kelabu dong. huhuhu, secara kita pesen tiket kereta pulang itu pagi. jadi bakalan buru-buru banget esok harinya buat ngejar kereta sedangkan hari sabtunya kita nganggur di tasik. huhuhu

"sempet ada rasa bosan yang mengganjal" karena waktunya jadi cuma leye-leye hahaha

Malam Harinya



Satu persatu mulai berdatangan ke rumah bang Iwan dan mempersiapkan diri untuk berangkat. muka yang tadinya lesu karena kebanyakan leye-leye, tiba tiba jadi semangat. apalagi liat yang pertama kali dateng itu Cewe cantik namanya Teh Ara @aracelly7478 pake jas ujan bawa carrier yang keliatannya berat banget. Gw sama Dewi langsung mikir, kita cuma mau camping semalem dan itupun cuma ke galunggung, kok bawaannya kaya mau ke Gunung yang berhari-hari gak pulang yah ?, hebat banget nih cewe. salutttt dan yang pastinya bikin minder. doi aja bisa bawa segitu beratnya kulkas gendong, masa gw apa apa ngeluh lelah

lanjut dateng lagi 2 teman baru, yang belum jadi pusat perhatian mata seperti Teh Ara, xixi 

Dan karena yang lainnya langsung ketemuan di TKP, jadilah kita berangkat dari rumah bang Iwan ber-6 dengan menggunakan transportasi sepeda motor sekitar jam 7.30 malam. nah pas disini baru mata gw tertuju sama salah satu teman baru, perempuan juga, namanya Teh Vina @vinadzania, doi yang bawa motor boncengin teh Ara, busyeeet ngebut banget bawa motornya, reman, keliatan perempuan bertenaga laki-laki. duuuh aduuh makin minder ini siiik sama 2 wanita tasik ini. xixixixi

Pas sampai di pintu masuk kawasan Gn. Galunggung, kita dikenakan biaya administrasi Rp. 39000,-. untuk 4 motor 7 orang. dari pintu masuk kita masih harus melanjutkan perjalanan sampai ke titik penanjakan. akses jalannya masih belum di aspal, jadi tau lah gimana rasanya gujlek gujlek di motor, xixixi. oya, pas di perjalanan juga gw ngerasa ada spot dimana hawanya berasa panas (padahal selama perjalanan mah hawanya ya dingin-dingin ademnya angin malem). Dewi dan Rian pun ternyata mengalami hal sama kaya gw. kata Dewi mungkin kita bertiga lagi di sambut. hahaha mistis banget.

Oke, sesampainya di titik penanjakan, ada beberapa warung menyediakan lahan parkir. tarifnya Rp. 5000,- permalam.

"sekedar info, selain bisa parkir di warung, Galunggung juga punya alternatif tempat parkir yang lumayan luas, cocok untuk kendaraan wisata seperti BUS dan Mobil pribadi. hanya saja jika parkir disana, kalian harus jalan kaki sekitar 5-10 menit untuk ke lokasi anak tangga Galanggung. sedangkan kalo parkir di warung sudah bisa langsung naik ke atas Galunggung."

Untuk menuju ke lokasi camping, ada 2 pilihan alternatif jalur penanjakan. yaitu Tangga dan Pasir. dan kamipun memilih untuk menggunakan jalur Pasir. meskipun terkesan santai, gw tetep ngerasa ngos-ngosan. hehe, mungkin karena udah lama gak naik naik gunung kali ya.

Gak perlu waktu berjam-jam untuk bisa sampai ke puncak, memulai naik sekitar jam 9 Malam, kita sampai di lokasi camping sekitar jam setengah 10an. di lokasi juga sudah ada teman-teman baru yang sudah menggelar tenda dan alat masaknya. kita yang baru datang juga langsung bongkar carrier untuk pasang tenda dan alat masak. (bukan kita sih, soalnya gw sama dewi cuma bawa diri doang. xixixi). saat semua tenda terpasang berbaris memanjang, Gak nyangka tendanya banyak, hebaaat pada bawa tenda masing-masing. hehe

Masak-Memasak
Biasanya kalo lagi naik gunung, paling masak mie, atau junk food siap goreng. tapi kali ini bedaaaa. bareng temen-temen hammockers tasikmalaya menu makan malamnya jadi berasa mewaaaah. karena mereka masakin Nasi Liwet, Tumis Cumi, Tempe Goreng, dan Ayam Bakar. beuuuuhhh pas lagi proses dimasaknya aja, wanginya tuh bikin perut keroncongan. ditambah lagi kita masak Pisang Cokelat Keju sebagai cemilan malamnya. manteb kan. :)

Menu termewah selama camping
Cemilan mewah, Pisang Cokelat Keju

Seruuuuuuuuuu, sumpah ini seru banget. Malem minggu makan ngeriung sama-sama sampe berebutan sisa-sisa terakhir. udah gitu di tambah bisa liat bintang-bintang dilangit dari depan tenda sambil makan pisang cokelat bareng temen-temen baru. ini suasana yang gw kangenin. I'll never forget this moment.

Minggu, 16 Oktober 2016



Selesai Subuhan, gw langsung asik sendiri nyari spot foto buat tambahan dokumentasi pribadi. sayang saat itu sunrisenya malu-malu munculnya. jadi gw jalan-jalan sekitaran kawah galunggung aja.

Barisan Kontrakan Portable ala Hammockers Tasikmalaya, xixixi
Kawah Gunung Galunggung
narsis dikit boleh ya, hehe
candid by @choepar98

Sebagian temen-temen berkutat dengan foto-foto dan sebagian lagi berkutat di dapur mewah. mereka mempersiapkan sarapan yang gak kalah mewahnya sama semalam. kali ini ada pisang goreng, kacang ijo, tahu bulat, dan otak otak. ada masak nasinya juga sih, cuma gw lupa masak menu apanya. soalnya gak sempet sarapan, mengingat jam kereta pulang sekitar 10 pagi.

Disini nih, serba grabak grubuk. Semuanya serba mepet. dari beresin tenda, nesting, bersih-bersih sampai packing ulang. baru selesai sekitar jam 8.50 pagi (udah tau jam nya pas-pasan gw pake nekat minta foto rame2 dulu buat jadi cover postingan ini. jadi makin lama laah xixixi).


Dewi, Teh Ara, Gw dan Teh Vina. Ini loh 2 teteh Perkasanya Tasik. xixixi
kita langsung buru-buru turun gak pake santai. kali ini turun lewat jalur tangga.


Sumpaah berasa banget gemeterannya kaki, ditahan aja lah ya berhubung ngejar kereta. sampe bawah sekitar jam 9.10, gak pake istirahat disaat kaki gemeteran banget langsung cusss ke stasiun. lagi-lagi gak pake santai. haduuuuhh ini nekaat banget. padahal udah pasrah pas liat jam menunjukkan hampir jam 10.

Daaaaan, syukur alhamdulillahnya, jam 10.05 kita sampe stasiun langsung lari-lari ngejar print tiket kereta dan PAS. masuk kedalam stasiun kereta datang. huhhhhh.. legaaaaaaaaa. yeyeyeye gak jadi ketinggalan kereta. dan Gw sama Dewi pun pulang dengan selamat sampe rumah masing-masing xixixixi.

********
Pembelajaran dari Piknik kali ini :
1. Supaya Gak miscom ::
    - Jangan malu bertanya
    - Jangan nunggu di kasih informasi
2. Dari komunikasi yang pasti (Point no. 1) ::
    - Atur waktu yang sesuai
    - Pilih alternatif Transportasi sesuai dengan waktu yang dibuat

********
Tambahan Info ::
1. Transportasi Kereta Jakarta-Tasikmalaya hanya ada 1 kereta yaitu KA Serayu dan hanya ada 2 jam keberangkatan yaitu Pagi dan Malam. sehingga jika waktunya tidak pas, kalian bisa gunakan transportasi seperti Bis Umum antar Kota.
2. Biaya KA Serayu sekitar Rp. 67.000,-. untuk Bis Umum gw kurang tau ya, karena gw lebih sering menggunakan Kereta saat piknik.
3. Sharing biaya Logistik (sukarelanya)
4. Biaya Tiket Wisata Galunggung Rp. 39.000,- untuk 4 motor 7 orang. ini gw juga ga tau per orang nya berapa, permotornya berapa.
5. Biaya Parkir di sekitar warung Rp. 5.000,- Per Malam.
6. Karena saat itu sudah malam jadi hanya keluar biaya Tiket dan Parkir saja. Tapi sekedar info kalo pengunjung yang datang pagi biasanya akan banyak pungutan biaya masuk  kawasan Gunung Galunggung. *katanya ya*

"Ini apa sih, mau kasih info tapi serba ga tau dan berdasarkan katanya, katanya siapaa ??. xixixi maap ya, tapi semoga ada informasi yang membantu. :D"



okedeh, sekian cerita piknik gw kali ini. Special Thanks buat Bang Iwan dan temen-temen Hammockers Tasikmalaya (@vinadzania, @aracelly7478, @choepar98, @aan_maulana, @namina_atep, @siputggunung, @aghyfyrz dan yang lainnya), Terimakasih atas Jamuan Mewahnya. semoga kita bisa piknik bareng lagi, gelar kontrakan portable lagi. xixixi


You Might Also Like

0 komentar